TanyaArsitek – Cara menata ruang tamu yang sempit tentulah memerlukan keahlian dari sang penatanya. Untuk Anda yang ingin menghemat biaya, bisa memperlajari sendiri caranya tanpa harus mengandalkan jasa desainer interior. Perlu Anda ingat bahwa tujuan Anda harus mengutamakan kenyamanan dan keindahan yang tetap bisa dinikmati bersama keluarga nantinya, meski ukuran ruang tamu yang ingin Anda tata ukurannya sangat terbatas (kecil).

Tips Menata Ruang Tamu Sempit

Ada beberapa cara menata ruang tamu yang sempit sehingga tetap bisa terasa lebih lapang dan nyaman untuk digunakan. Berikut diantaranya:

Pertama, perhatikan penempatan sofa. Bila memungkinkan, sofa diusahakan menempel ke dinding, supaya ruang tamu terlihat lebih luas.

Kedua, ukuran bantal sofa. Usahakan ukuran bantal sofa yang ada diruang tamu Anda yang sempit, ukurannya kecil. Memilih ukuran yang lebih kecil, akan membuat ruangan terasa lebih lapang.

Ketiga, perhatikan pencahayaan lampu. Usahakan, semua furniture yang ada diruang tamu bisa menciptakan zona yang terlihat fungsional. Dengan demikian, pencahayaan akan lebih efektif.

Keempat, Sesuaikan warna furniture yang Anda gunakan. Jika jarak lantai ke langit-langit pendek, maka jangan gunakan warna yang gelap, karena hal ini akan menambah kesan sempit. Seharusnya yang Anda gunakan adalah warna-warna yang cenderung lebih terang.

Kelima, Usahakan pencahayaan matahari dari luar bisa masuk. Jika perlu tempelkan cermin besar pada dinding ruang tamu sehingga bisa memantulkan cahaya yang ada dari luar dan pastinya akan membuat pencahayaan maksimal dan ruangan akan terasa lebih luas serta menghemat penggunaan energi listrik Anda.

Keenam, tempatkan kolase foto hanya pada satu bagian saja. Hal ini akan menjadikan ruang tamu kecil milik Anda lebih rapi dan enak dilihat.

Nah, itulah beberapa cara menata ruang tamu yang sempit dengan memberikan kesan yang lebih luas dan bisa nyaman digunakan dan bisa memberikan tempat bersantai bersama tamu menjadi lebih hangat dan akrab.

Share Button