TanyaArsitek.com – Dinding yang bersih dan enak dipandang dapat menambah cantik ruangan dalam rumah. Bila cat dinding mengelupas, tentu saja dinding jadi terlihat kurang indah dan menarik. Untuk membuat dinding terlihat bagus, kita bisa mendekorasi dinding rumah dengan menggunakan wallpaper selain di cat ulang.

Sebelum kita mendekorasi dinding rumah, seharusnya kita mengetahui jenis-jenis wallpaper dan bagaimana memilih wallpaper yang baik dan sesuai.

Sebenarnya, wallpaper yang sering kita ketahui sebagai pelapis dinding agaknya lebih tepat jika disebut wallcovering. Karena bahan pelapis dinding ini tidak selalu terbuat dari paper(kertas). Ada yang terbuat dari vynil, kain, anyaman jerami, rerumputan kering bahkan pasir. Namun, yang paling banyak kita temui, adalah jenis kertas dan vynil.

Wallcovering yang terbuat dari kertas, memiliki kualitas gambar yang baik dan memiliki banyak pilihan motif. Tampilannya pun tidak terlalu mengkilap, namun kelebihannya wallpaper jenis ini mudah sobek. Selain itu, bahannya yang terbuat dari kertas, sulit untuk dibersihkan, terutama bila terkena cairan. Oleh karena itu, jika terkena cairan, harus segera dilap dengan air kering agar cairan tidak menyerap ke pelapis.

Sedangkan wallcovering yang terbuat dari vynill cenderung glossy dan biasanya bertekstur timbul (emboss). Jenis ini memiliki daya tahan yang lebih baik. Kelebihannya, bahan ini mudah dibersihkan karena sifatnya mirip dengan plastik. Bila ada kotoran, cukup dilap dengan kain basah dan sedikit cairan pembersih.

Ada hal yang harus dipertimbangkan ketika kita akan memilih wallpaper, diantaranya :

  • Sesuaikan wallcovering dengan konsep ruangan yang telah ditentukan sebelumnya. Sebaiknya corak motif dan warnanya disesuaikan dengan keadaan fisik ruangan.
  • Bila perlu, bandingkan terlebih dahulu kualitas dan harga beberapa produk yang ada di pasaran.
  • Jika ingin menonjolkan perabotan tertentu di suatu ruangan, sebaiknya memilih wallcovering yang bermotif simpel.
  • Hindari memasangnya di ruangan yang terkena matahari langsung dan area yang rentan terkena rembesan air.
  • Gunakan wallcovering yang pelarut warnanya berbahan dasar air. Cara untuk mengetahuinya yaitu dengan mencium gulungan wallcovering tersebut, berbau tiner atau tidak?
  • Agar hasilnya baik dan tidak berantakan, percayakan pemasangannya kepada orang yang telah ahli. Karena memasang wallcovering membutuhkan akurasi dan ketelitian yang tinggi, terutama pada sambungan.

Itulah, beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih wallpaper. Dinding terlihat bersih dan rapi sehingga indah dan nyaman untuk dipandang.

Tips Memilih Wallpaper

Share Button