Ruang Makan Keluarga

ruangmakan

Salah satu ruangan yang dapat dijadikan tempat untuk berkumpul dan bercengkrama dengan seluruh anggota keluarga adalah ruang makan. Penataannya perlu ditata sedemikian rupa, agar saat makan menjadi lebih nyaman.

Penempatan ruang makan keluarga juga perlu memperhatikanĀ  interaksinya dengan ruangan lain. Contohnya, menempatkan meja makan lebih dekat dengan dapur untuk mempermudah menyediakan makanan.

Selain dekat dengan dapur, menempatkan ruang makan keluarga di dekat ruang keluarga bisa dijadikan alternatif pilihan. Karena ada beberapa keluarga, yang menyukai aktifitas makan bersama sambil menonton televisi. Dengan posisi dekat ruang keluarga, televisi yang ada di ruang keluarga bisa mengakomodasi kegemaran tersebut.

Namun, ada keluarga yang menganggap acara makan bersama merupakan “ritual”, yang tidak boleh diganggu oleh acara menonton televisi atau semacamnya. Untuk keluarga yang mengutamakan komunikasi berkualitas seperti ini, penempatan ruang makan perlu diatur sedemikian rupa. Tata ruang makan dengan cara memisahkannya dengan ruang televisi. Beri dinding pembatas yang bersifat permanen atau menggunakan partisi penyekat lain.

Jika memiliki halaman belakang yang cukup luas, kita bisa membuat gazebo, saung atau cabana di halaman belakang yang sesekali dapat kita jadikan tempat untuk makan bersama. Ini bisa dijadikan pilihan untuk menempatkan meja makan di luar ruang makan. Namun, jika halaman belakang tidak cukup luas, kita bisa menempatkan meja makan di teras belakang.

Selain penempatannya yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, warna dinding ruang makan keluarga juga perlu mendapat perhatian. Menurut penelitian, setiap warna mempunyai efek psikologis tersendiri bagi manusia. Oleh karena itu, pemilihan warna dinding ruang makan haruslah diperhatikan.

Lalu, warna apa yang paling tepat untuk ruang makan? Sesuai fungsinya untuk makan, maka warna dinding ruangan haruslah yang bisa meningkatkan selera makan penghuninya. Warna-warna cerah dipercaya dapat membangkitkan selera makan. Di antara warna cerah, warna orange atau merah paling baik untuk membangkitkan selera makan.

Untuk yang kurang menyukai warna yang terlalu cerah, tidak perlu mengaplikasikan warna-warna tersebut di seluruh dinding ruang makan. Kita bisa memberi warna cerah tersebut sebagai aksen saja, seperti pada sebagian dinding, pada perabot atau peralatan makan.

Ruang Makan Keluarga

Share Button
Tags: