Penggunaan Bata Ekspos

bata

Untuk memperlihatkan kesan alami, unik dan klasik, umumnya orang akan menggunakan bata ekspos. Bata ini dapat memunculkan karakter yang kuat dari garis-garis bata yang tegas. Selain itu memberi kesan alami pedesaan pada rumah.

Tampilannya yang unik dan klasik, sangat cocok untuk rumah bernuansa etnik tradisional. Apalagi bila dipasangkan dengan furnitur bergaya etnik dan pintu serta jendela yang berornamen tradisional.

Namun, dalam pemasangan bata ekspos ini, diperlukan ketekunan dan ketelitian serta keahlian yang khusus. Dibutuhkan teknik pekerjaan seni untuk memasangnya, sehingga tidak semua tukang bangunan bisa memasangnya.

Bangunan akan terlihat sebagai bangunan setengah jadi, jika dalam pemasangannya secara asal-asalan. Selain itu, karena pemasangan bata ekspos tidak memakai acian, maka pemasangan yang tidak benar dapat  mempengaruhi kekuatan dinding. Misalnya saja, dinding menjadi miring atau bata mudah terlepas karena tidak terikat dengan kuat.

Kekurangan yang diperoleh ketika memilih menggunakan bata ekspos yaitu rentan terhadap jamur dan lumut. Untuk mengatasi jamur dan lumut sebaiknya dinding diberi pelapisan secara berkala dengan cairan khusus. Setidaknya dilakukan, setiap tiga bulan sekali, maka tampilannya akan tetap bagus dan tidak mudah rusak karena pergantian cuaca.

Untuk menghindari bata pada dinding mengalami kerusakan, sebaiknya bata ekspos digunakan untuk dinding interior atau teras yang terlindungi oleh atap. Sehingga keindahannya bisa bertahan lama.

Kini, telah ada pilihan produk  menyerupai bata ekspos yang hanya ditempelkan sesuai pola yang telah ditentukan. Produk ini juga sering disebut bata dekoratif. Karena sifatnya hanya ditempel pada permukaan dinding, maka struktur dan kekuatan dinding tidak akan terganggu.

Dalam pemakaian bata dekoratif, nat antar bata tidak harus diisi sehingga permukaannya bisa tetap rapi. Namun, jika pemilik ingin nat tetap terlihat, bisa menyiasatinya dengan menggunakan semen nat yang biasa digunakan untuk semen keramik. Menggunakan semen ini, akan menimbulkan kesan yang kurang natural. Tetapi bisa merubah tampilan bangunan dengan jenis etnik untuk bidang dinding yang cukup luas.

Sebenarnya, produk bata dekoratif ini tersedia dalam beragam corak, tektur dan warna. Kita dapat memilihnya dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan rumah.

Penggunaan Bata Ekspos

Share Button