Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang difavoritkan oleh keluarga. Karena di ruangan inilah, kita bisa melepas penat dan lelah untuk beristirahat. Kita perlu menatanya sedemikian rupa agar tercipta kamar tidur yang nyaman. Untuk ruang tidur yang sempit, tidak perlu khawatir dalam penataannya. Hal ini bisa disiasati agar terasa tidak sempit dan tetap nyaman untuk tempat beristirahat.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyiasati kamar tidur supaya tidak terasa sempit adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya, kita menggunakan cat dinding kamar tidur dengan warna cerah. Warna yang dapat kita gunakan untuk membuat kamar tidur terkesan luas antara lain yaitu putih, krem dan hijau pupus.
  • Jika kita memilih menggunakan wallpaper untuk kamar tidur, pilihlah yang menggunakan corak kecil-kecil.
  • Untuk memberikan kesan luas, pasanglah cermin besar di kamar tidur. Selain memberi kesan luas, cermin juga bisa membuat pencahayaan dalam kamar menjadi lebih baik.
  • Letakkan perabot yang menempel pada dinding kamar tidur. Apabila memungkinkan, pilihlah sudut ruangan untuk meletakkan perabot tersebut.
  • Agar ruangan tidak terasa sempit, pilihlah perabot yang tidak “memakan” banyak tempat. Untuk pemilihan tempat tidur dan kursi, sebaiknya memilih yang tanpa sandaran kepala. Furnitur bergaya minimalis umumnya dirancang untuk mengakomodasi ruang yang kecil.

Selain masalah ruangan yang sempit di kamar tidur, kita juga harus memperhatikan kamar tidur yang nyaman bagi bayi. Banyak hal yang perlu kita perhatikan saat menata kamar tidur bayi, diantaranya yaitu :

  • Pastikan keamanan boks jika kita hendak memanfaatkan boks bayi, termasuk kunci boksnya. Pagar boks tidak boleh terlalu rendah karena dapat membahayakan bayi saat ia sudah bisa berdiri. Selain itu, jerujinya diusahakan tidak terlalu sempit atau terlalu lebar.
  • Kamar bayi harus mempunyai sirkulasi udara yang baik, agar kamar tidak pengap.
  • Tempatkan perabot yang ada dalam kamar bayi yang benar-benar diperlukan saja, apalagi jika kamar berukuran kecil. Selain untuk mencegah kemungkinan bayi kita terbentur, hindari menempatkan perabot terlalu banyak.

Dengan mengetahui cara menata kamar dan mengatasi permasalahnnya, maka kita akan bisa menikmati kamar tidur yang nyaman bagi semua anggota keluarga.

Share Button