Menciptakan Dapur Sehat

dapur

Pada umumnya, orang mengatakan jika dapur merupakan jantungnya sebuah rumah. Apabila jantung rumah sehat, maka anggota keluarga yang menghuni rumah pun akan sehat pula. Sebab, dapur merupakan tempat anggota keluarga memasak dan menyiapkan makanan untuk hidangan sehari-hari. Sementara itu, sumber penyakit berasal dari perut. Maka, menciptakan dapur sehat dan bersih adalah sebuah keharusan.

Desain dapur yang baik adalah yang letaknya dekat dengan ventilasi yang dapat mengalirkan udara keluar. Kita bisa membuat ventilasi berupa jendela atau pintu yang dibuka, serta jendela yang tidak dapat dibuka untuk dijadikan saluran sinar matahari ke dalam dapur.

Apabila letak dapur sudah terlanjur ada di ruangan yang minim ventilasi, atau tempatnya tidak memungkinkan seperti di apartemen, untuk mengisap udara kotor di dapur dapat menggunakan cookerhood (penyedot asap).

Ketika mendesain lay out dapur, posisikan ventilasi di dekat bak cuci piring (sink), kompor dan tempat sampah. Tujuannya, agar kelembapan pada area bak cuci piring berkurang, panas dan asap kompor cepat keluar serta memudahkan untukĀ  membuang sampah. Udara menjadi tetap bersih dan segar sehingga dapat menciptakan dapur sehat.

Menata Peralatan Dapur

Usahakan, letak kompor, oven serta microwave berjauhan dari tempat cuci piring dan lemari es. Beri jarak yang cukup antara bak cuci piring, lemari es, dan kompor.

Letakkan kompor yang tidak terlalu jauh dari bak cuci piring, karena dapat memudahkan proses memasak yang membutuhkan air yang keluar dari sink. Letak sink juga jangan terlalu jauh dari lemari es, hal ini untuk memudahkan proses mencuci bahan makanan yang dikeluarkan dari lemari es. Sehingga dapat disimpulkan, posisi bak cuci piring, diletakkan di antara lemari es dan kompor.

Untuk lemari dapur, letakkanlah lemari berdasarkan kegunaannya. Lemari yang digunakan untuk menempatkan bumbu atau bahan masakan yang kering dapat diposisikan di atas. Sedangkan lemari yang diletakkan di bawah dapat berupa laci-laci berukuran kecil maupun standar yang dapat digunakan untuk menyimpan sendok, garpu, pisau, piring, baskom, panci dan sebagainya. Lemari dapur yang berada di bawah juga dapat berupa rak tutup-buka atau terbuka untuk menyimpan tabung gas.

Penataan ventilasi, pencahayaan yang baik dan keadaan dapur yang bersih dapat menciptakan dapur sehat di dalam sebuah rumah.

Menciptakan Dapur Sehat

Share Button
Tags: