Menata Kamar Mandi

kamar mandi

Biasanya tata ruang kamar mandi merupakan ruangan kecil, sempit dan serba tertutup hingga lembap dan mungkin pengap. Dibandingkan dengna ruangan lain yang ada di rumah, kamar mandi kurang mendapat perhatian. Padahal ruangan ini termasuk area yang sering basah, sehingga perlu dijaga kebersihannya. Jika tidak dibersihkan maka kuman, bakteri dan sumber penyakit lainnya jadi bertambah.

Hal yang dapat dilakukan untuk menata kamar mandi yaitu memperhatikan sirkulasi udara dan cahaya. Ventilasi atau jendela sangat penting fungsinya di kamar mandi. Tanpa sirkulasi udara dan cahaya yang baik, kamar mandi akan sangat lembap. Untuk ruangan lain di dalam rumah, udara dan cahaya dapat diatur dengan cara memasang jendela.

Kita tidak perlu khawatir dengan privasi di kamar mandi. Gunakan kaca buram untuk memasang jendela. Selain itu, penggunaan tirai juga dapat dijadikan alternatif. Tirai dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan. Cahaya pun dapat masuk dengan mudah.

Sedangkan untuk sirkulasi udara, Pasang ventilasi di atas jendela kaca. Buatlah ventilasi yang tidak terlalu lebar, sebab ventilasi yang keecil sudah ckup untuk sirkulasi udara di kamar mandi.

Hal lainnya yang termasuk cara menata kamar mandi yaitu, pembersihan bak mandi. Kamar mandi di Indonesia umumnya memiliki bak. Kita harus rajin membersihkannya. Cara membersihkannya yaitu :

  1. Basahi bak kamar mandi terlebih dahulu
  2. Taburkan asam sitrat. Biarkan selama satu jam agar asam sitrat bereaksi mengelupas kerak.
  3. Sikat bak mandi, lalu siram dengan menggunakan air bersih.
  4. Keringkan bak, sebelum menggunakannya lagi.

Pemilihan pintu kamar mandi juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Pada kamar mandi tipe kering, perawatan pintu tidak begitu menjadi masalah. Namun untuk tipe kamar mandi basah, pintu akan sering terkena cipratan air, sabun dan lain sebagainya, yang dapat menyebabkan pintu rusak.

Cara paling sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat pintu kamar mandi yang terbuat dari kayu, adalah melapisinya dengan cat, pelitur atau semacamnya. Bahan-bahan tersebut dapat menghambat pelapukan kayu, meskipun hanya sementara. Pilihan yang lebih baik untuk pintu kamar mandi yaitu aluminium. Alumunium lebih tahan terhadap korosi dan pelapukan

Itulah beberapa cara sederhana dalam menata kamar mandi. Dengan penataan yang baik, akan tercipta kamar mandi yang sehat.

Menata Kamar Mandi

Share Button