Memilih Tanaman Eksterior

yard

Menempatkan tanaman eksterior di luar rumah, bukan hanya sebagai penghias semata. Namun juga bisa dimanfaatkan sebagai penyejuk, sumber pasokan oksigen dan udara segar bagi penghuni rumah. Untuk itu, pemilihan tanaman eksterior tidak boleh sembarangan. Perlu diperhatikan dalam memilih tanaman eksterior di rumah.

  1. Pilihlah tanaman yang mudah perawatannya, atau bisa tumbuh tanpa harus mendapatkan perawatan khusus. Mudah dirawat yaitu yang hanya perlu diberi pupuk pada awal penanaman saja. Selanjutnya tanaman cukup disiram setiap hari. Namun, bagi penyuka tanaman hias, bisa memilih tanaman apa pun. Karena akan merasa senang meskipun akan menghabiskan waktu yang lama ketika merawatnya.
  2. Hiasi pemandangan luar rumah dengan menanam tanaman yang memiliki berbagai macam warna. Tidak hanya dari bunga, warna tanaman juga bisa diperoleh dari pucuk daun, daun atau batangnya.
  3. Memilih tanaman eksterior yang memiliki akar tunggang menjalar dapat dijadikan opsi yang baik. Karena akarnya yang besar dan kuat dapat menyerap air tanah, mencegah banjir dan mencegah erosi.
  4. Aturlah tata letak tanaman sejak bibit dan perkirakan arahnya saat tanaman tumbuh besar. Karena tanaman akan tumbuh mengarah sinar matahari yang dibutuhkan bagi proses kehidupannya.
  5. Jika ingin menanam tanaman buah, pastikan buahnya yang cukup aman jika matang dan jatuh. Tanaman eksterior jenis buah-buahan yang biasa di tanam yaitu mangga, jambu dan rambutan.
  6. Perhatikan faktor keamanan dari tanaman yang kita pilih. Hindari memilih tanaman yang beracun atau berduri banyak. Karena dikhawatirkan akan membahayakan anak-anak, lansia atau orang yang lewat. Namun, jika memang sangat menyukai jenis tanaman tersebut, kita dapat menanamnya di tempat yang khusus dan diberi keterangan pada area tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih tanaman eksterior di pekarangan. Pada umumnya tanaman eksterior mempunyai karakter yang sama, yaitu mudah tumbuh dengan cepat dan subur jika di tanam di tempat dan suhu yang cocok.

Rajinlah merawat tanaman eksterior, pangkas dedaunan dan rantingnya agar tidak terlalu rimbun dan menghalani pagar atau jalan.

Memilih Tanaman Eksterior

Share Button