Desain Toilet Yang Sehat

toilet

Toilet merupakan ruangan yang berkaitan dengan kebutuhan biologis untuk membersihkan tubuh maupun membuang hajat. Ruangan yang sering disebut kamar mandi ini perlu diperhatikan demi menjaga kebersihan dan fungsinya. Dalam membuat desain toilet yang sehat, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini

Tata Letak

Posisi toilet hendaknya dekat dengan ruang-ruang yang penting. Ruangan yang sering digunakan penghuni rumah untuk beraktivitas sehari-hari. Aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan yang bersifat biologis, seperti ruang makan, dapur, dan kamar tidur. Hal ini berguna untuk memudahkan penghuni rumah dalam buang hajat. Dan sebaiknya posisi toilet dijauhkan dari ruangan yang banyak menyimpan barang-barang elektrik.

Dinding

Desain toilet yang sehat juga tidak terlepas dari elemen dindingnya. Gunakan marmer, batu alam, granit, keramik atau memberi lapisan dinding dengan cat minyak atau cat akrilik yang tahan air. Dinding sebaiknya dipasang minimal 150 cm dari lantai, atau lebih baik dipasang penuh hingga sampai plafon, guna menghindari cipratan air di dinding. Pilihlah dinding dengan motif yang tidak terlalu banyak warna. Hal ini untuk menciptakan suasana yang lebih relaks.

Sirkulasi Udara

Sebaiknya posisi toilet di tempatkan di dekat area terbuka agar udara tidak sedap dari toilet bisa keluar. Buatlah ventilasi yang bisa memudahkan udara segar masuk ke dalam toilet. Jika toilet jauh dari ruang terbuka, lebih baik memasang exhauster di dalam toilet. Pemasangan exhauster dapat ditempatkan pada plafon dengan listrik yang tersambung pada lampu toilet. Jadi ketika masuk ke dalam kamar mandi dan menyalakan lampu, otomatis udara kotor yang tidak sedap langsung disedot ke atas.

Pemilihan Pipa

Di dalam toilet terdapat beberapa saluran pipa, yaitu pipa air bersih, pipa air kotor dan pipa air panas. Pipa air kotor menyalurkan air kotor dari kloset dan air kotor dari lantai kamar mandi. Agar kotoran dapat mudah dibuang ke dalam septic tank, perlu diperhatikan kemiringan saluran pipanya. Hal ini juga dapat menghindari WC mampet. Untuk pipa air panas, perlu diperhatikan pula ketebalan pipanya.

Itulah beberapa tips desain toilet yang sehatĀ agar penghuni rumah tetap sehat.

Desain Toilet Yang Sehat

Share Button